Tuesday 20 October 2015

Bagaimana Jika Orang-Orang Kerasukan semua?

Orang-orang mencurahkan banyak hal di sosial media. Kurasa mereka terikat cukup kuat secara emosional dengan sosmed. Ini mengingatkanku pada kedekatan Ginny dengan diary Tom Riddle yang ternyata adalah salah satu horcrux Lord Voldemort. Ginny yang mencurahkan hati dan jiwanya pada diary itu ternyata telah memberikan kekuatan untuk Voldemort bangkit lagi dan mendapatkan wujudnya. Dari apa yang dibaca Hermione dari buku yang diambilnya dari kantor Dumbledore menggunakan summonning charm, orang yang terlalu dekat dengan horcrux (secara emosional) akan terpengaruh oleh horcrux tersebut. Dalam kasus Ginny, dia beberapa kali mengalami  kerasukan (possesed itu kerasukan kah?). Dan dalam kondisi tak sadar itu Ginny melakukan berbagai hal yang didiktekan Voldemort, seperti membunuh ayam-ayam jantan Hagrid dan menuliskan ancaman di dinding (jika ada lagi yang dilakukan Ginny saat kerasukan, aku lupa apa saja itu).

Okay, where am I?oh ya, soal social media tentu saja… aku berharap bahwa facebook dan twitter bukanlah horcrux. Jika Ginny yang cuma satu orang saja dapat membahayakan seluruh Hogwarts dengan membuka chamber of secret maka bayangkanlah apa yang terjadi jika ratusan juta orang yang mencurahkan hati dan jiwanya kepada fb  kerasukan dan melakukan hal-hal di luar kendali diri mereka…. dunia akan guncang tak keruan.


Padahal, aku baru menyadari, bahwa di luar teman-teman yang ku add menjadi friends di fb dengan sangat selektif itu masih ada banyaaaaak sekali orang yang menggunakan fb. Waktu itu, aku sempat terperangah karena salah seorang pak RT tetanggaku yang kutahu dan kukira tidak akan berhubungan dengan teknologi ternyata juga ber fb…. 

(ditulis sekitar jam 10 pagi, tanggal 8 januari 2015 di meja makan Eri yang baru. Di tengah-tengah kegiatan menulis TOR untuk  pendidikan NF. Rumah Eri sepi senyap, penghuninya pergi semua)

1 comment: